magzEnd

Antara harapan dan pengalaman dalam hidup seorang revolusioner.

Penyakit Mental Manusia


Manusia makhluk yang istimewa. yang diciptakan dengan di karuniai oleh-Nya akal dan pikiran. tapi tetap, tak ada yang sempurna. hidup seorang manusia itu ga pernah ada yang berjalan mulus. pasti ada rintangan dan hambatan yang kemudian bisa jadi kebahagiaan. itu lah seni hidup.

seorang manusia dengan ketidak-sempurnaanya dapat memiliki berbagai penyakit. ada banyak penyakit yang bisa ada didiri seorang manusia. termasuk penyakit mental. ada berbagai penyakit mental yang ada pada diri manusia, mungkin dapat menjadi renungan untuk kita bersama.

1. Menyalahkan orang lain.
kalau kita teliti lebih lanjut, sikap "menyalahkan orang lain" ini ada pada diri manusia. entah secara sadar maupun tidak sadar. kita sering meng-kambinghitamkan seseorang karna suatu kesalahan. itu karna kita tak mau disalahkan.

2. Menyalahkan diri sendiri
menyalahkan diri sendiri berbeda dengan mengakui kesalahan. ketika kita menyalahkan diri sendiri, secara tidak langsung kita mengakui bahwa kita "tidak mampu". sedangkan mengakui kesalahan adalah mengakui apa yang telah kita lakukan sehingga terjadi kesalahan.

3. Tidak mempunyai cita-cita
apa kita mempunyai target masa depan? jawaban ada pada diri kita masing-masing. seseorang yang mempunyai pekerjaan, tidak semua yang memiliki cita-cita. dia sering terpaku dengan kesibukannya, tetapi arah dan tujuannya tidak jelas.

4. Mengabaikan hal-hal kecil
hal yang kecil, bisa menjadi hal yang besar apa bila kita abaikan. mungkin ketika hal itu kita pandang sepele, kita tidak mnyadarinya bahwa itu penting. sehingga pada saat dia telah menjadi hal besar yang penting buat kita, hanya penyesalan yang ada.

5. Bayang-bayang masa lalu
orang yang hidup dengan banyangan masa lalu, kadang-kadang tidak berani mangambil keputusan. sulit untuk memilih. itu karna masa lalu masih ada di benaknya. jangan biarkan masa lalu menghalangi kita, hanya saja jadikan ia sebagai pelajaran buat kita untuk bisa lebih baik lagi.

6. Terlalu capat menyerah
ini merupakan sikap yang tidak gentleman. orang yang seperti ini termasuk orang-orang yang krisis percaya diri. kurang percaya pada kemampuan yang ia miliki sehingga memilih untuk berhenti sampai disini.

mungkin masih banyak sifat-sifat negatif yang akhirnya menjadi penyakit mental pada diri kita. dan kini sudah saatnya kita membuka diri kita. tetap berusaha agar bisa menjadi yang terbaik untuk orang-orang yang kita sayangi.

wish you all the best!

2 comments:

  1. Lucy
    Said

    gravatar

    penyakitnya ada obatnya kah?

    15 Januari 2009 03.25
  2. Roni
    Said

    gravatar

    Ada lagi yang kurang, yaitu penyakit "Pelit" bin Kikir alias Bakhil.

    Alumni Zae?

    11 Juni 2009 18.58

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar dan Kunjungannya