magzEnd

Antara harapan dan pengalaman dalam hidup seorang revolusioner.

Pengakuan mantan santri Al-Zaytun : Ini tidak seperti yang dituduhkan dalam pemberitaan di TV

Al-Zaytun
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera buat agan/aganwati dimanapun anda berada. Saya adalah Tedi Suteja salah satu alumni Ponpes Ma'had Al-Zaytun angkatan ke-2. Saya mewakili teman-teman sesama alumni ingin menjawab terhadap banyak nya isu miring terhadap almamater kami dulu.

Sebelumnya saya bersumpah demi Allah SWT bahwasannya saya bukan anggota NII dan Republik Indonesia ada kewarganegaraan saya. Saya menulis thread disini terdorong tulus dari hati nurani saya terhadap isu-isu miring yang dituduhkan kepada almamater saya dulu. Jujur saja saya sakit hati mendengar pemberitaan media massa selalu mengkaitkan Al-Zaytun dengan NII KW 9. Disini saya tidak mebela Al-Zaytun secara keseluruhan, namun saya membela para alumni Al-Zaytun yang namanya ikut terkena imbas isu NII ini Akan saya jelaskan seluruh aktivitas kami selama menuntut ilmu di Al-Zaytun.

Awal masuk Al-Zaytun
1. Awal kami masuk Al-Zaytun, kami dibimbing dari setiap masing-masing propinsi untuk mengahafalkan Juz 'Amma sebagai salah satu syarat masuk kesana. Dari awal masuk saja kita sudah menghafalkan juz'amma gan. Dimana letak kesalahan yang menyatakan di Al-Zaytun tidak di ajarkan tentang Al-Qur'an?. Jelas sekali dari awal saja kami sudah bisa mengahaflakan Juz'amma dan membaca Al-Qur'an dengan baik.
2. Kami membayarkan uang masuk sebesar Rp.9 Juta rupiah untuk kebutuhan selama masa pendidikan 6 Tahun..!!! Apa yang kami dapatkan??? Seragam sekolah, asrama lengkap dengan seluruh peralatannya, makan 3x sehari dengan menu makan yang sangat baik, snack 3x sehari dan biaya pendidikan selama 6 tahun sudah termasuk didalamnya..!!!

Aktivitas sehari-hari
1. Aktivitas kami diawali pada pukul 03.00 dinihari untuk mempersiapkan diri mengikuti ibadah shalat subuh, ba'da shalat subuh dilanjutkan dengan "tahfidzul qur'an" atau menghafalkan Al-Qur'an. Sekali lagi saya tanyakan pada agan2 sekalian dimana letak sesatnya???ini rutinitas kami SETIAP HARI..!!!. Kemudian kami kembali ke asrama untuk mempersiapkan diri mengikuti pembelajaran di dalam kelas dengan sebelumnya menuju ke kantin untuk sarapan.
2. Pukul 06.45 kami sudah diwajibkan berada didalam kelas dan mengikuti proses pembelajaran. Pada pukul 11.45 kami menyelesaikan pembelajaran dan segera menuju ke Masjid untuk melakukan ibadah shalat Dzuhur. Ba'da shalat kami menuju kantin untuk santap siang dan setelah itu kembali ke Asrama masing-masing untuk mengikuti kegiatan "Mufrodat" atau dengan kata lain belajar kosakata dalam bahasa arab maupun inggris dimasing-masing asrama. setlah itu kami melakukan perssiapan untuk kembali menuju masjid melaksanakan ibadah shalat Ashar. Ba'da shalat ashar kembali menuju kantin untuk menyantap snack sore yang telah disediakan. setelah itu apa yang kami lakukan???ini lah saat paling di tunggu-tunggu oleh para santri yaitu melakukan kegiatan olahraga maupun hanya istarahat saja didalam asrama.
3. pukul 17.00 seluruh kegiatan sudah harus selesai dan unit kegiatan olah raga saudah harus dikosongkan dan kemudian mempersiapkan diri untuk mengikuti ibadah shalat maghrib. Ba'da shalat maghrib kami melanjutkan kegiatan "tahfidzul qur'an" atau mengafalkan Al-Qur'an haingga sampai berkumandang azan shalat isya' kemudian melakukan ibadah shalat isya' dan setelah itu menuju ke kantin untuk menyantap hidangan makan malam. Setelah makan malam kami menuju asrama masing-masing untuk melakukan kegiatan belajar di kamar dengan dibimbing oleh 1 wali kamar. Nah selama mengikuti pembelajaran dikamar kami menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan pada saat di gedung pembelajaran. pukul 22.00 kami sudah diwajibkan untuk tidur dan mengulang kembali rutinitas dipagiharinya.

Kurikulum Pembelajaran
1. Selama saya bersekolah di Al-Zaytun mengikuti metode pembelajaran yang diterapakan oleh pihak Ma'had Al-Zaytun sendiri. Kami telah selangkah lebih maju pada saat itu dengan menerapkan sistem semester. sedangkan pada saat itu masih menggunakan sistem caturwulan.
2. Pelajaran apa yang kami dapatkan selama di Al-Zaytun???Seluruh pelajaran sesuai dengan Dinas Pendidikan, Departemen Agama dan DIKTI. Tidak ada sama sekali kami diberikan pelajaran tentang NII..!!!. Kami belajar sama seperti sekolah sekolah lainnya. tak ada bedanya. hanya metode pembelajarannya yang jelas berbeda dari kebanyakan sekolah. Kami belajar seluruh pelajaran yang juga diajarkan di pndok2 pesantren lainnya, seperti tafsir, nahwu, sharaf, al-mahfudzat, Sejarah Kebudayaan Islam dll.
3. Kegiatan pembelajaran lainnya adalah kegiatan Pandu Pembela Ummat dan Kemanusiaan atau kebanyakan disekolah sekolah umum disebut dengan kegiatan Pramuka. Apa yang kami pelajari?? Sama dengan kegiatan pramuka..!!!baris berbaris, tali menali, dll. Selain itu kegiatan keorganisasian atau disekolah pada umumnya disebut dengan OSIS.

SETELAH PANJANG LEBAR SAYA JELASKAN DISINI. APAKAH MENURUT AGAN2 SEKALIAN ADA TINDAKAN MAKAR DSB???ADAKAH TINDAKAN YANG SESAT??ADAKAH TINDAKAN YANG MELENCENG DARI SYARIAT ISLAM???

saya disini bukan bermaksud untuk mencari sensasi atau sebagainya. Namun saya miris melihat pemberitaan akhir-akhir ini. Semua seperti tutup mata dan hanya mendengarkan salah satu pihak saja. Sekarang saya tanya, apakah disetiap acara2 dialog yg membahas tentang skolah kami dulu pernah menyertakan para alumni nya????TIDAK PERNAH..!!! yang mereka datangkan orang-orang yang mengaku sebagai korban NII. Mohon maaf sebelumnya apabila ada agan2 yang tidak setuju dengan thread saya ini. bagi yang tidak setuju dan memiliki statemen, saya ingin menanyakan sebelumnya apakah agan sudah pernah kroscek langsung kesana???

SEKALI LAGI SAYA SAMPAIKAN SAYA BUKAN ATIVIS NII DAN SAYA BERANI DI SUMPAH AL-QUR'AN BAHWASANNYA SAYA BUKAN ANGGOTA MAUPUN AKTIVIS NII...!!!SAYA HANYA SEORANG ALUMNI PELAJAR MA'HAD AL-ZAYTUN..!!!

wassalamu'alikum warahmatullahiwabarakatuh.

83 comments:

  1. Rosiana
    Said

    gravatar

    maaf, jika boleh saya ingin bertanya apa benar jika ada anak yang sekolah di al zaytun maka anak tsb. akan berada disana selamanya?
    dan tidak boleh pulang bahkan hanya untuk sekedar menengok ibunya yg sedang sakit?
    terimakasih.

    5 Juli 2013 06.47
  2. Almira
    Said

    gravatar

    Dear Ibu Rosiana,
    itu tidak benar bu. para santri diberi hak untuk izin keluar lingkungan Al - Zaytun selama ada alasan yang syar'i.

    19 September 2013 02.16
  3. Anonim
    Said

    gravatar

    buku pelajaran al zaytun merupakan karangan dalam pesantren sendiri,tidak semua santri di pilih untuk menjadi anggota NII Kw9,mereka memilih santri-santri mana yang akan di pilih,

    19 Januari 2014 12.23
  4. Anonim
    Said

    gravatar

    Yang komentar miring kemungkinan besar belum pernah ke Ma'had Al Zaitun...

    19 Februari 2014 03.01
  5. Anonim
    Said

    gravatar

    Bagaimana cara mendaftar dan bgmn cara mendpt informasinya

    22 Mei 2014 18.54
  6. Mery soket
    Said

    gravatar

    wahilaaah jangan kurikulumnya yg di publikasiin .. cara bergaulnya dong.. temen temen ente mungkin atau kesehariannya . perilaku akhlaknya gimana

    2 Juni 2014 01.11
  7. gravatar

    bagaimana sih system perekrutan santri baru di ponpos al zaytun?

    3 Januari 2015 06.36
  8. Ayu Hani
    Said

    gravatar

    bagaimana cara mendaftr ke ponpes al zaytun ya??

    23 Maret 2015 17.53
  9. gravatar

    Saya dukung pesantren di seluruh indonesia

    25 April 2015 12.40
  10. gravatar

    Saya sangat kagum akan keindahan Ma'had Al Zaytun, Subhanallah... ! Saya pernah datang langsung kesana, Ma'had Al Zaytun is very amazing <3

    17 Oktober 2015 14.17
  11. gravatar

    MashaAllah, pesantren yang luar biasa, saya ingin menyekolahkan anak saya disana. InshaAllah

    26 Oktober 2015 16.14
  12. Anonim
    Said

    gravatar

    Pesantren Al-Zaytun luarrr biasa. Saya ingin menyekolahkan anak saya di sana.

    25 November 2015 19.56
  13. gravatar

    Hanya melihat bangunan...
    Tanpa melihat ilmu,sanad dan pendirinya...
    Bertentangan dengan pelopor pesantren wali songo sunan bonang , kh.hasyim 'asyari dll..

    3 Desember 2015 10.01
  14. gravatar

    Sya sebagai santri d alzaytun menjawb
    Boleh pulang.kra syapa sekejam itu.namun ada prosedur perizinanbyg mesti d lalui Dan itupun tidak sulit

    14 Desember 2015 01.16
  15. Unknown
    Said

    gravatar

    Pesantren al zaytun benar2 pesantren modern bertaraf internasional, anak saya sekarang masuk semester genap dan baru kelas 1 mi(sd).. Tiap 2 minggu sekali, bisa berlibur bersama kedua orang tua nya d Tangerang... Selama 1 semester saja anak saya udah hafal bacaan zikir selesai sholat, tb naik 3cm dan bb naik 2kg... Dari situ aja terlihat, konsumsi makanan nya bergizi dan no msg... Tahun ini juga, adik nya menyusul masuk kelas 1 mi(sd)... Saya sebagai orang tua santri bersyukur, bisa mengenali pesantren al zaytun... Alhamdulillah...

    8 Januari 2016 20.41
  16. Aji Soeka
    Said

    gravatar

    Pesantren al zaytun benar2 pesantren modern bertaraf internasional, anak saya sekarang masuk semester genap dan baru kelas 1 mi(sd).. Tiap 2 minggu sekali, bisa berlibur bersama kedua orang tua nya d Tangerang... Selama 1 semester saja anak saya udah hafal bacaan zikir selesai sholat, tb naik 3cm dan bb naik 2kg... Dari situ aja terlihat, konsumsi makanan nya bergizi dan no msg... Tahun ini juga, adik nya menyusul masuk kelas 1 mi(sd)... Saya sebagai orang tua santri bersyukur, bisa mengenali pesantren al zaytun... Alhamdulillah...

    8 Januari 2016 20.46
  17. Aji Soeka
    Said

    gravatar

    Pesantren al zaytun benar2 pesantren modern bertaraf internasional, anak saya sekarang masuk semester genap dan baru kelas 1 mi(sd).. Tiap 2 minggu sekali, bisa berlibur bersama kedua orang tua nya d Tangerang... Selama 1 semester saja anak saya udah hafal bacaan zikir selesai sholat, tb naik 3cm dan bb naik 2kg... Dari situ aja terlihat, konsumsi makanan nya bergizi dan no msg... Tahun ini juga, adik nya menyusul masuk kelas 1 mi(sd)... Saya sebagai orang tua santri bersyukur, bisa mengenali pesantren al zaytun... Alhamdulillah...

    8 Januari 2016 20.46
  18. Nur Rokhim
    Said

    gravatar

    Yg nulis songong, goblok, dungu, yg saya rasakan selama jdi pengikut si syech ( minta d panggilnya gtu) yg ada tu hanya pemerasan. Menghalalkan sgala cara untuk memenuhi target bulanan. Dr menipu org tua, tmn, krbat. Dan sampe skrg itu masi brlangsung. La dsini yg nulis goblok gk punya otak.

    13 Januari 2016 17.25
  19. Anonim
    Said

    gravatar

    mungkin yang menjawab postingan adalah antek2 mereka juga. liat aja 3 postingan dgn nama berbeda tapi kata2nya sama...

    13 Januari 2016 23.12
  20. Nur Rokhim
    Said

    gravatar

    Saya sejak 2009 sudah trjerumus masuk k aliran MAZ, sgala tipu menipu d halalkn asal dpt uang (tekhnis). Bangunan megah yg trliht itu hasil penipuan.

    15 Januari 2016 17.53
  21. Nur Rokhim
    Said

    gravatar

    Saya sejak 2009 sudah trjerumus masuk k aliran MAZ, sgala tipu menipu d halalkn asal dpt uang (tekhnis). Bangunan megah yg trliht itu hasil penipuan.

    15 Januari 2016 17.56
  22. soleh
    Said

    gravatar

    Bertaubatlah bro, pake hati nurani, tidak perlu membela al zaytun,bukan rahasia umum kalo panji gumilang & Ahmad musadeq adalah pentolan NII

    22 Januari 2016 05.38
  23. gravatar

    Yang di tulis itu bener ka, sebelumnya saya kelas 2sma, saya alumni al-zaytun,saya sekolah disana sampai kelas 6 sd, saya kelas 1 sd di al-zaytun disana udah di ajarin menghafal juz amma, menghafal doa doa, mungkin saya gak tau tujuan dari syekh panji gumilang, kami hanya menuntun ilmu, kami hanya mengambil sisi positifnya, mohon kaka jangan menjelek-jelekkan karna itu emang ada nya, kita di didik baik-baik. Kakak yg lebih dewasa tolong bisa berfikir jernih, jika menurut kaka itu benar dan anda melihat sendiri dan merasakan sendiri tinggalnya disana anda cukup tau saja, jika anda hanya mendengar dari orang lain kebusukannya anda dosa karna sudah menjelek"an.

    3 Maret 2016 04.58
  24. gravatar

    Kami berteman hanya dengan orang-orang menurut kita baik ka, jika perilaku yg tidak baik kota hanya mengenal, kita bisa mencari pergaulan yg baik menurut kita, akhlaknya tentu bagus, karna yg sd saja sudah di ajarkan doa-doa dan kita selalu di ajarin menghafal juz amma.

    3 Maret 2016 05.04
  25. gravatar

    Tolong ka jangan salah kan siswa siswi yang sekolah di al-zaytun kita hanya menuntun ilmu, kita belajar yang memang di ajarkan di sekolah-sekolah biasanya.

    3 Maret 2016 05.08
  26. gravatar

    As.w.w kalau seandainya benar Al-zaytun NII seharusnya malah bersyukur ada orang2 yg mau memperjuangkan syari'at islam,adapun di suruh infaq sodaqoh itu kan kewajiban bagi muslim jangan merasa di peras ibadah harus ikhlas mas bro hasilnya nyata untuk kemajuan pendidikan toh kita umat islam harus bangga dengan hasil yg di capai oleh YPI membangun komplek pendidikan yg serba hebat itu bukti kejayaan islam ko malah ngungkit2 rupiah yg cuma segitu itulah nafkah kita yg kalau kita ikhlas nilainya adalah amal jariyah yg pahalanya tidak putus2kata Al-qur'an yg di sampaikan para kiyai dan juru da'wah....

    5 Maret 2016 15.02
  27. gravatar

    Anda jangan menjelek2an Al-zaytun hanya karena di suruh infak seratus dua ratus ribu :"fabiayi ala irabbikuma tukadiban" kata Allah nikmat yg mana pula yg akan kamu sembunyikan kan harta kepemilikanyadalam islam simbolik aja kalau di minta untuk kemajuan islam harus siap bahkan seharusnya :"Jahadu fi sabilillah bi amwalihim wa anfusihim" baru a'damu darojatun 'indallahi fa ulaika humul muflihun jangan berqurban sedikit sudah bilang penipu siapa yg nipu wong hasilnya jelas ko.Siapa saja yg merasa tertipu itu tertipu oleh dirinya sendiri kan visi misinya jelas pokoknya siapa saja yang menghujat dan yg meninggalkan al-zasytun itu orang yg hatinya sakit kata Allah:fi kulubihim marada faja dahumullahu maradan.....

    5 Maret 2016 15.14
  28. gravatar

    Rasulullah dulu menyatukan umat di Yatsrib dengan konstitusinya "Piagam madinah" walaupun yg bernaung di bawah kepemimpinannya banyak suiku agama yg berbeda-beda tapi hukum yg di berlakukan Rasulullah saw adalah hukum yg di turunkan oleh Allah bukun hukum buatan manusia,Beliau sangat konsisten bahkan di satu kesempatan Beliau pernah bersabda:Seandainya fatimah binti muhammad mencuru niscaya akan ku potong tangannya" itu sebuah contoh yg amat baik yg sampai hari ini belum ada yg mampu mengerjakan......

    5 Maret 2016 15.23
  29. QTHNKMrio
    Said

    gravatar

    Bukan ingin membela, yang saya rasakan selama 6 tahun di sana banyak nilai positifnya dari pembangunan pola pikir, akhlaqnya sampai kepribadian santrinya, semuanya di gembleng untuk menjadi orang yang berguna bagi bangsa. kebetulan saya angkatan pertama. Dari sudut pandang saya pribadi, alzaytun selama ini mengajarkan hal hal yang baik tidak ada sedikitpun membahas masalah NII atau apalah tetek bengek ga jelas yang selama ini seperti yang diiklankan di media. Tetapi kembali lagi ke sudut pandang orang lain, yang perlu diingat jagalah ucapan kalian jangan sampai menimbulkan fitnah dan sampai mendzalimi orang lain.......CMIW

    23 Maret 2016 05.55
  30. gravatar

    alzaytun luar biasa...bro.. !
    yang sabar ya bos

    1 April 2016 05.37
  31. gravatar

    Kemungkinan Orang Yg memnganggap Al-zaytun Buruk itu, Mereka Orang2 Yg Iri. Maaf Sebelumnya.. Jika Tidak Tahu Cikal Bakal nya Tidak Usah Mendzalimi,, Terimakasih

    17 April 2016 18.57
  32. gravatar

    2 keponakan saya juga alumni MAZ dan skrg alhamdulillah keduanya telah lulus sarjana dan sedang dalam pendidikan S2,, selama di MAD mereka tdk pernah diajarkan ataupun doktrin yg aneh2,,sblm masuk mereka wajib hafal juz amma,,selama disana badan mereka tumbuh dan rata2 tinggi karena makanan yg bergizi dan non MSG,, moga al zaytun tetap menjadi pondok pesantren yg menghasilkan generasi terbaik yg menjadi rahmatan lil 'alamiin

    17 April 2016 22.52
  33. Anonim
    Said

    gravatar

    Anjing menggonggong kafilah berlalu.

    18 April 2016 22.00
  34. Anonim
    Said

    gravatar

    bismillahirrahmanirrahim
    assalammu'alaikum wr wb..
    Allah maha tau segalanya, manusia hanyalah ciptaan yg byk kekurangan
    artinya Allah mengetahui segala hal yang tdak manusia ketahui..
    kasus ini sdah lama di posting tetapi msh byk peminat pembcanya. maka sya mencoba meluruskan semampunya,.
    Guru dan Yayasan BERBEDA, mreka tdk sling tahu menahu.
    pertanyaannya, MENGAPA TIAP PEMBICARAAN TNTANG AL-ZAYTUN TAK PRNAH MNGUNDANG ALUMNI??
    Santriwan/santriwati serta guru-guru hanya berkegiatan sperti umumnya (BELAJAR dan MENGAJAR). masalah pendidikan diberikan ke dewan guru, dan murid belajar dengan guru, para gurupun sgtsgt berkualitas. tidak ada penyimpangan dalam bidang ajar-mengajar. contoh pembuktiannya: akreditas al-zaytun A, byk menjuarai olimpiade. Disimpulkan ajar-mengajarnya AMAN.
    Itu berarti para santri/guru tak tahu tentang urusan/kegiatan yayasan, banyak komentar yang memberikan respon positif dan negatif..
    respon positif datang dari alumni, guru, santri dan wali santri.
    respon negatif datang dari orang yg berhubungan dengan YAYASAN.
    maka, yg hrus dipertnyakan adalh yayasannya??ngapain ya kegiatan yayasan? sampai ada oknum sakit hati yg beredar..

    terimakasih atas perhatian yg membaca..
    aktivitas ajar-mengajar al-zaytun sangat-sangat baik!!
    tetapi yayasan sgt tertutup, bahkan para guru tak tahu-menahu kegiatan yayasan ma'had al-zaytun. maka, tugas penyelidiklah untuk menyelidiki kebenarannya
    maaf jika ada kesalahan.. ini hanya sedikit tambahan renungan
    walhamdulillahirabbil alamin
    -SELALU CINTA ILMU-


    19 April 2016 07.24
  35. Anonim
    Said

    gravatar

    subhanalloh, kalian membuat setan bahagia. kenapa tidak saling action untuk membuktikan kebenaran?

    20 April 2016 01.10
  36. alumni10
    Said

    gravatar

    Komunitas al-zaytun menganggap orang yg mengkritik itu iri hati, dengki atau sbgainya
    tapi tidak sadar kalau mereka memelihara sifat ujub dan senang dipuji,mereka hanya membanggakan sekolahnya megah yg berkelas INTERNASIONAL tetapi menghasilkan alumni berkelas lokal.mungkin hanya segelintir alumni yg berjaya setelah lulus. Para santri memang tidak diberi tahu tentang NII makanya tidak tahu,tapi orangtuanya yg tahu apa itu NKA(negara karunia Allah). Waktu saya daftar saya dibisikin sama ortu saya supaya menjawab saya sekolah disitu karena keinginan saya sendiri!!! waktu itu saya masih sd tidak tahu apa2 tetapi setelah lulus lalu bergaul dengan orang2 saleh yang banyak ilmu agama dekat dengan sunah2 Rasul mulai tampak tabir kesesatannya. Wallahu A'lam bishowab

    30 April 2016 00.56
  37. gravatar

    Komunitas al-zaytun menganggap orang yg mengkritik itu iri hati, dengki atau sbgainya
    tapi tidak sadar kalau mereka memelihara sifat ujub dan senang dipuji,mereka hanya membanggakan sekolahnya megah yg berkelas INTERNASIONAL tetapi menghasilkan alumni berkelas lokal.mungkin hanya segelintir alumni yg berjaya setelah lulus. Para santri memang tidak diberi tahu tentang NII makanya tidak tahu,tapi orangtuanya yg tahu apa itu NKA(negara karunia Allah). Waktu saya daftar saya dibisikin sama ortu saya supaya menjawab saya sekolah disitu karena keinginan saya sendiri!!! waktu itu saya masih sd tidak tahu apa2 tetapi setelah lulus lalu bergaul dengan orang2 saleh yang banyak ilmu agama dekat dengan sunah2 Rasul mulai tampak tabir kesesatannya. Wallahu A'lam bishowab

    30 April 2016 00.57
  38. Unknown
    Said

    gravatar

    Itulah kehebatan umat yahudi. Kita tidak sadar kalau kita sedang dikendalikan oleh kaum yahudi. Diadu domba sesama umat islam dan itutidak akan perkah disadari sampai kapan pun. Islam sana menghujat islam sini dan mempermainkan dalil yang nyata-nyata dari sumber sama.
    Adolf Hitller pernah berkata " Aku bisa saja menghancurkan bangsa israel tapi aku sisakan agar kalian tahu bagaimana sifat dari mereka"
    Dan umat islam tidak akan menyadari karena semuanya telah terkontaminasi oleh akal bulus kaum yahudi.

    11 Mei 2016 19.59
  39. gravatar

    "Sesungguhnya orang kafir itu merencanakan tipu daya yang jahat dengan sebenar-benarnya. Dan Akupun membuat rencana (pula) dengan sebenar-benarnya. Karena itu beri tangguhlah orang-orang kafir itu yaitu beri tangguhlah mereka itu barang sebentar."
    (Q.S.At Thariq:15-17)
    Yang penting bagi kita umat muslimin adalah berusaha memiliki aqidah yang lurus dan berdoa memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa agar dijauhkan dari kesesatan & dilindungi dari fitnah-fitnah akhir zaman,karena Rasulullah saw dahulu sudah memperingatkan kita tentang hal ini kepada kaum muslimin. Berhentilah berharap pada makhluk & bergantunglah pada sang Khalik saudaraku.
    "Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal amal yang saleh bahwa Dia sungguh sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang orang yang sebelum mereka berkuasa,dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka,dan Dia benar benar akan menukar(keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah(janji) itu, maka mereka itulah orang orang yang fasik."
    (Q.S.An-Nuur:55)
    Wallahu a'lam bishawab.

    17 Mei 2016 18.02
  40. gravatar

    Assalamualaikum.. maaf sebelumnya! Jadi sekarang al-zaytun masih ada ataukah tidak?

    21 Mei 2016 01.26
  41. Anonim
    Said

    gravatar

    Masih mbak,al zaytun tahun ini masih membuka pendaftaran calon santri bagi yang ingin melanjutkan pendidikannya di al zaytun

    23 Mei 2016 03.37
  42. Unknown
    Said

    gravatar

    Berpikir positif dan saling menghargai.....

    29 Mei 2016 16.14
  43. Yudiono
    Said

    gravatar

    Saatnya kita berbenah diri menjelang ramadhan...kalau menilai orang lain itu tdk ada habisnya....mulailah kita menilai diri kita sendiri dulu.

    29 Mei 2016 16.18
  44. gravatar

    Semoga kita semua terhindar dari sifat iri dengki....amiiiiiin

    29 Mei 2016 16.19
  45. gravatar

    Pohon yang berbuah paling baiklah yang sering ditimpuki batu :) keren mas :D salam kenal saya alumni angkatan 3. Saya juga lagi buat cerita tentang perjalanan saya Di Al-Zaytun semoga bisa menjadi pencerahan bagi orang-orang yang menganggap almamater kita itu buruk Wassalam.

    27 Juni 2016 22.18
  46. gravatar

    Ma'af baca dan nulis al-qur'annya yang bener mas...

    6 Juli 2016 06.25
  47. gravatar

    Ma'af baca dan nulis al-qur'annya yang bener mas...

    6 Juli 2016 06.27
  48. gravatar

    Buktikan dong jangan cuma ngomong

    13 Agustus 2016 09.40
  49. gravatar

    Assalamu alaikum saya alumni angkatan 17,Mahad al-zaytun jayalah,mencetak generasi yang memahami bangsa,membimbing calon pemimpin dunia,toleransi slalu ada,karakter akhlaqul karimah,mari menghargai sesama,Islam jayalah semoga bisa menjadikan dunia damai selama lamanya,ayo bangkit menjungjung harapan dan menyongsong masa depan
    SALAM GENERASI
    saya alumni angkatan 17 Mahad Al-Zaytun,maaf jika ada kekurangan
    semoga bermanfaat
    Untuk menumbuhkan semangat dan toleransi karena kita seumat yaitu umat Nabi muhammad,semoga islam menjadi rahmatan lil Alamin
    Haza wa allahi yar'ana wa yangfazuna
    wal hamdulillahi robbil alamin
    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh

    19 Agustus 2016 03.31
  50. gravatar

    DINDING DO'A DAN HARAPAN
    Sehari Jelang 17 Tahun Al-Zaytun
    (Sebuah Renungan)

    Alhamdulillah, dua windu lebih (17 Tahun) Al-Zaytun ada dan tumbuh di bumi Indonesia. Sangat jelas apa tujuan didirikannya Al-Zaytun. Itu dicerminkan dalam MARS AL-ZAYTUN, yang memiliki cita-cita yang suci mulia: MEMBANGUN NEGARA, MEMBANGUN DUNIA, MEMBANGUN BUDAYA (Peradaban) yang berkesesuaian dengan ajaran Ilahi.

    Al-Zaytun selalu siap dan selalu berkehendak untuk mengukir sejarah. Sebagaimana senantiasa diserukan oleh Syaykh Al-Zaytun, Dr. AS. Panji Gumilang,"Umat manusia yang berbahagia adalah manusia yang dapat mengukir sejarah, bukan diukir oleh sejarah".

    Ibarat kapal Nabi Nuh A.S. yang dibangun dan dibuat dengan kekuatan kebersamaan, kekitaan, nahniyah yang mandiri guna menjaga dan menyelamatkan umat manusia dari dahsyatnya gelombang tsunami. Maka demikian pula spirit Al-Zaytun dibuat, dibangun dan didirikan ~ sebagaimana kapal yang dibuat oleh Nabi Nuh itu.

    Gelombang tsunami kerusakan dan pengrusakan serta degradasi akhlaq moral yang semakin nampak nyata di depan mata. Datang dari berbagai lini dan sisi. Dari depan, belakang, atas, bawah, samping kiri, samping kanan, semua celahpun dimasuki.

    Disaat negeri ini sibuk dengan polemik rencana menaikkan harga rokok dan darurat narkoba ~ Al-Zaytun telah sejak lama menyadari dan mensikapi "Rokok adalah jembatan emas menuju Narkoba".

    Disaat negeri ini sibuk dengan hutang luar negeri ~ Al-Zaytun sibuk membangun dengan cara mandiri.

    Disaat negeri ini dikerubuti investor luar negeri ~ Al-Zaytun tetap asyik membangun dengan kekuatan diri.

    Disaat negeri ini asyik mengimpor berbagai bahan pangan (ada 29 jenis bahan pangan yang impor dari luar negeri ~ mulai dari beras, jagung, kedelai hingga garam sekalipun) ~ Al-Zaytun asyik berfikir, berbuat dan berkarya bagi ketahanan pangan Indonesia.

    Disaat penduduk negeri ini sibuk mengeluh masalah polusi, asap kebakaran, pembakaran hutan dan pembalakan hutan (illegal logging) ~ Al-Zaytun terus sibuk menanam untuk paru-paru bumi.

    Itulah jati diri Al-Zaytun, yang senantiasa mendedikasikan dirinya 'MEMBANGUN JIWA DAN RAGA UNTUK INDONESIA RAYA'.

    Semoga 17 Tahun Al-Zaytun Menjadi Kado Indah Untuk 71 Tahun Indonesia Merdeka.

    AL-ZAYTUN JEMBATAN MENUJU INDONESIA KUAT
    "Mendidik dan Membangun Semata-mata Hanya Untuk Beribadah Kepada Allah SWT"

    Alhamdulillahirabbil'alamin

    (Bagi para sahabat yang ingin mengungkapkan harapan dan do'a untuk Al-Zaytun, untuk Syaykh Al-Zaytun. Jayalah Al-Zaytun ~ Jayalah Indonesia Raya)

    26 Agustus 2016 05.26
  51. gravatar

    Mana buktinya??
    Syaitan selalu takut akan kebenaran.....saya alumni alzaytun tapi saya tidak pernah merasakan adanya kesesatan?
    Saya hanya tidak betah disana
    Jadi saya kelar Dari alzaytun....saya tidak betah karena....gak dapet duit jajan...bukan karena alzaytun seat!

    27 September 2016 03.09
  52. gravatar

    Maksudnya kurang duit jaJan

    27 September 2016 03.10
  53. gravatar

    :)...Ada buktinya???
    Peace...kau udah kayak orang gak ada kerjaan...bapak merasakan alzaytun sesat?it bukan masalah saya...it masalah bukan dengan Allah...saya alumni zaytun yg punya bukti ...klo alzaytun mengajar kan alquran...bukan seperi yg bapak bilang

    27 September 2016 03.14
  54. gravatar

    Maksudnya kurang duit jaJan

    27 September 2016 10.39
  55. gravatar

    semua kreatif....

    28 September 2016 21.17
  56. gravatar

    Saya santri angkatan pertama di al-zaytun
    Anda terjerumus aliran yang mana?
    Aliran yang mengaku2 orang al-zaytun atau apa ni?
    Saya dari awal al-zaytun ada gak pernah tu ada penipuan atau segala macam tindak kriminal disana.
    Paling jg Klo ada tindak kriminal itu cuma dilakukan oleh oknum yg tidak bertanggung jawab.
    Secara keseluruhan saya diajarkan segala hal-hal yg baik saja bukan yg jelek-jelek seperti orang-orang tidak bertanggung jawab tuduhkan kepada almamater saya

    13 Oktober 2016 01.50
  57. gravatar

    yang salah harus tindas yang benar harus kita belai.

    29 Oktober 2016 08.02
  58. gravatar

    Saya pikir berinfaq itu akan bermanfaat bila ada wujudnya contohnya adanya pembangunan Mahad Al Zaytun

    4 November 2016 04.06
  59. gravatar

    Saya pikir berinfaq itu akan bermanfaat bila ada wujudnya contohnya adanya pembangunan Mahad Al Zaytun

    4 November 2016 04.06
  60. Unknown
    Said

    gravatar

    Assalamualikum, maaf sebelum nya. Meskipun saya bukan santri ataupun alumni, namun saya yakin Pondok Pesantren Al-Zaytun itu baik tidak ada yang melenceng, mungkin ada beberapa santri yang kurang baik akhlak nya kemungkinan itu sifat dr luar sebelum dia masuk ke PonPes Al-Zaytun. Dan segala tindakan kriminal atau apapun itu jenis nya pasti ada penyebabnya. Seperti yang di ajarkan Agama Islam, contoh: mengambil hak orang lain makan Penggal tanggan nya. Ya seperti itulah jika ada sedikit kekerasan terhadap santri maka di hukum lah, sama seperti PonPes lain dan sekolah-sekolah lain nya. Jadi buat para komentar semua, jangan pernah mengada-ada ataupun menjelek-jelekan pondok pesantren al-zaytun. Karna kita semua hanya manusia biasa yang tak luput dr kesalahan.

    Walaikum salam. Wr. Wb

    10 November 2016 14.16
  61. gravatar

    Saya Alumni angkatan 11,tahun 2015,dan tidak pernah saya di ajarkan hal2 yang aneh.

    12 November 2016 17.01
  62. gravatar

    Tidak benar sama sekali. Itu fitnah. Saya alumni al zaytun. Setiap tahun , yaitu setiap lebaran, setiap santri diizinkan pulang ke kampung halaman utk bertemu keluarga.

    26 November 2016 04.43
  63. gravatar

    Oleh karena itu saya sarankan juga kepada anda utk melihat langsung ke sana , sebelum berkomentar.

    26 November 2016 04.47
  64. gravatar

    Astagfirullahaladzim.. demi Allah, itu tidak benar. Kami santri alzaytun, demi Allah..jika anda benar2 ingin kebenaran anda bisa telusuri langsung, alumni nya, datang langsung ke sana. saya alumni alzaytun, dan demi Allah tidak ada pernah saya diajarkan aliran sesat di sana! Malah saya diajarkan kebaikan di sana.

    26 November 2016 04.52
  65. gravatar

    Mengapa banyak syaiton2 berwujud manusia.. yang menyebarkan fitnah, menyebarkan kebohongan, seseungguhnya Allah Maha Tahu dan Maha Adil.

    26 November 2016 04.58
  66. gravatar

    Saya yakin, kamu bukan santri alzaytun. Karena santri zaytun tidak akan berkata seperti kamu. Kalau ditanya , kamu pasti tidak tahu 1 nama pun nama abi atau umi yg mengajar di ma'had alzaytun. Semoga Allah memaafkan dosa2 kita.

    26 November 2016 11.19
  67. gravatar

    Loh .. malah bagus donk, negara kita jadi negara Islam. Bagus donk syaikh panji gumilang kalau punya cita2 pengen buat NII. Lucu sekali anda.

    26 November 2016 11.29
  68. gravatar

    Orang sirik teman iblis dan setan laknat tullah pasti dia akan menjelek jelwkan institusi yg maha karya umat nabi Muhammad (umat muslim)

    11 Desember 2016 08.59
  69. Maulana Rizky (ABONG)
    Said

    gravatar

    Saya alumni mahad al-zaytun angkatan ke-5
    Tidak ada itu yg katanya al-zaytun aliran sesat, semua itu hanya isu dari orang2 yg tidak bertanggung jawab!
    Al-zaytun selalu mengedepankan akhlaq, dari sisi pendidikan agama pun menurut saya al-zaytum yg paling terdepan

    30 Desember 2016 17.00
  70. Unknown
    Said

    gravatar

    asalamkum. perkenalkan saya bukan alumni atopun yg kontra akan ponpes mahad al-zaytun. tp saya yg prihatin dengan apa yg terjadinya pertikayan" dinegri ini melainkan dengan sodara"nya sendiri, perlu kitasadari sesungguhnya kehancuran islam itu sendiri krena ga bisa bersatu!!!. yg ada mlh banyak berseteru dengan kaumnya sendiri. sadarlah kalo kita sbgai umat islam pastinya ga mau di adu domba oleh kaum kapir{yahudi} manapun! sadarlah sodara"ku yg seakidah sbangsa muslim hususnya, kuatkan akidah keimanan kita dan berbaiksangkalah pada sesama. agar akidah keimanan kita kuat dan ga gampang terpengaruh oleh propokasi dr pihak mapapun!!! saya sbagai umat muslim yg banyak kekurangan juga ga terpelajar juga bodoh ini. hanya mengingatkan pada sodara" smua jangan terlalu mencari kesalhan" orglai {sodara kita sendiri} toh kita juga blmtentu benar dlm jlni hidup ini baik menurut syariat" islam ato menurut bangsa negri tercinta kita ini. sdikit mengingatkan ada pribahasa yg ga asing lg mungkin ditelinga. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. maka dr itu wahai umat muslim smuanya dimanapun kalian berada bersatulah berhentilahbperstru dengan kaum mu sendiri krna tida lain dan tidak bukan sbgsa semuslim itu adalah sodara mu sendiri. NB:hirupmah teu cukup pinter ngaji alkuran kitab ato hadis wungkul. tp kudu singlewih pinter dai ngajidiri ngajirasa {sing alus sangka kabatur}intinamah ulah ngarasa lamun hirup urangteh ngarasa paling pinter paling gagah paling kayaraya tibatur. sing aringet anu maha sgalanamah kur alloh swt nu gaduhna. manusamah ngankur katitipan jeng ngaku"wungkul!!! sing kade" jaga -ucap- -tekad- -lampah- urg nusapopoe nudijlnkeun. sabab nutilu eta bisa nyilakakeun jeung nyalametkeun urang. wslm, htrslm pangwanoh by:suda cianjur

    6 Januari 2017 20.08
  71. Anonim
    Said

    gravatar

    saya alumni alzaytun angkatan 4.saya nurut saja wktu disuruh masuk tpa.saya nurut wktu disuruh masuk pesantren.saya nggak paham apapun selain belajar.ketika saya disana saya melihat koq banyak kesenjangan sosial(ada yg anak bupati tapi ada juga yg orgtuanya ob/buruh/)logikanya gimana cara dia masuk zaytun padahal biaya masuknya 20jt saat itu. saya sendiri baru paham ketika sudah lulus. saya diajak bapak saya kehalte.disitu saya dibonceng org gak dikenal diantar kesebuah rumah.saya disana beserta belasan orglainnya dimasukan kemobil kijang tua hijau dan disuruh menutup mata. yg saya ingat itu daerah pondokgede.tapu saya nggakpaham itu perumahan apa. yg jelas pagarnya tertutup rapat.dan kami semua disuruh masuk keruangan yg berisi meja dan kursi lipat whiteboard dan quran terjemah coklat. disana banyak orglain yg saya nggak kenal. lakilakinya bercelana bahan aberkemeja seperti org kantoran.ketawa haha hihi bikin risih. kami disuguhi makan. lalu masuk keruangan ber ac.disana saya mengenali seorang kakak kelas saya wktu dizaytun.dia angkatan 3. saya ngobrol sebentar. saya pikir ini seperti mengaji. tapi ketika dimulai ternyata tidak seperti mengaji.malah org yg bertindak sebagai guru dia mencoret coret diwhiteboard.menggambar pohon.berpanah panah.menggambar garuda.intinya org itu bilang kalau kita org indonesia itu kafir krn menyembah berhala (yg dimaksud berhala adl pancasila) saya mau protes tapi ingat tadi sudah dipesankan bapak saya utk nurut. akhirnya saya diam saja.walaupun sebenarnya nggak sreg. trus disuruh maju satu satu ditanya nama kedua.saya asal saja sebut nama berbau islam.krn nama saya bukan nama islam. kami ditanya brp kesanggupan sodaqoh. saya pilih 150 rb krn banyak yg nulis 150rb. akhirnya saya pulang. ketika dirumah saya bertanya sama orgtua apa tadi itu nii? kenapa saya dimasukin nii? apa orgtua saya nii? apa kerjaan nii itu seperti itu. berarti zaytun itu nii dong? soalnya saya ketemu kk kelas saya wktu dizaytun.
    trnyata jawabannnya sangaaat menyakitkan hati. orgtua saya nii sejak saya masih kecil. beliau menyetorkan uang secara rutin kepada nii.beliau menjual 3 bidang tanah 1buah motor beberapa puluh gr emas utk diberikan kpd nii. sampai akhirnya keluarga kami hidup serba kekurangan. dan akhirnya ibu saya menjual rumah satusatunya utk membayar hutang(akibat menyetorkan uang ke nii).
    jahat sekali nii itu. ternyata yg orgtua saya bayar tidak hanya 20jt. saya kenal ummi wiena abi salman abi joe(julius) abi boim(yg murtad) abi endaryono abi imam supriyanto(keluar juga krn sakit hati sama syeh)angkatan 1 saya kenal kak iqbal kak rahmatullah(kakaknya teman saya) kak dian(johan1) kak akmal. jd mohon cerita saya disini saya ceritakan apa adanya.
    sekarang orgtua saya sudah keluar dr nii setelah 22 tahun di nii. masih ada juga org org nii yg kerumah saya nanyain setoran lah.ngajakin mlm lah. nanyain kerjaan lah.minta modal lah.
    oiya ketika saya iseng nanya ke bapak saya alasan keluar dr nii.beliau jawab. bapak melihat dengan mata kepala sendiri mereka (org org nii kelas kakap nya mengkorupsi uang yg sudah disetorkan) padahal uang uang itu hasil "palak" lho.
    oiya syeh panji gumilang itu sebenarnya bukan ingin membangun negara islam.tapi beliau melihat uang begitu banyak jd gelap mata. trus uang itu dipakai utk kepentingannya sendiri.
    saya berdoa smoga beliau Allah berikan hidayah sehingga meminta maaf kepada semua org yg pernah disakitinya. amiiiiinn

    13 Februari 2017 09.06
  72. gravatar

    Hati-hati pak kalo berbicara, anda mengatakan anda ditipu dll. Negara ini negara hukum, jika memang benar anda ditipu dan anda memiliki bukti tsb, anda laporkan saja ke pihak berwajib. Tidak perlu berkata kasar atau menjelekkan
    Apakah anda seorang muslim yg taat?
    Seorang muslim tdk diajarkan utk berkata kasar atau bahkan menjelek-jelekan orang lain

    21 Maret 2017 21.00
  73. matojo
    Said

    gravatar

    betulkah pendeta .....din ibrahim mantan guru al Qur'an di al zaitun

    17 Mei 2017 00.08
  74. gravatar

    sllu brpkir positif. ada asap krna ada api.

    16 Juni 2017 22.09
  75. gravatar

    Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia berkata yang baik atau hendaklah diam.” (HR. al-Bukhari dan muslim)
    Al zaytun punya tujuan mulia mendidik dan berkarya semata mata beribadah kepada Allah SWT.

    8 Juli 2017 05.49
  76. gravatar

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Bismillahir rahmanir rahim.

    "POSITIF THINKINK IN MY LIFE".

    *** "AL ZAYTUN" ***

    AL FATH adalah nama panggilanku
    Yang akan selalu melekat di sanubarimu
    Aku terlahir di ujung zaman ini
    Zaman Jahiliyah bagi mereka yang iri

    AL ZAYTUN adalah surga ciptaanMu
    Yang akan selalu melekat di dalam hatiku
    Aku hidup di lingkungan surgaMu
    BersamaMu kuraih kemenanganMu

    AL ZAYTUN adalah AL FATH
    Yang akan selalu terukir di dalam hatiku
    Aku belajar dan berjuang di jalanMu
    Tuk menyinari alam semesta rayaMu

    Kemenangan adalah takdirku
    Yang akan selalu ada di dalam ingatanku
    Aku daki puncak cobaanMu
    Tuk menggapai kemuliaanMu

    Engkau tegakkan keyakinanku
    Engkau teguhkan pendirianku
    Engkau tabahkan hatiku
    Engkau tenangkan jiwaku
    Engkau kuatkan kesabaranku

    Ya Allah... Terima kasih atas anugerahMu
    Ya Allah... Terima kasih atas karuniaMu
    Ya Allah... Terima kasih Tuhanku


    Jayalah Al Zaytunku
    Jayalah Islamku
    Jayalah Indonesiaku

    8 Juli 2017 07.22
  77. gravatar

    Masih ada gk skrg? Pimpinannya siapa?

    8 September 2017 22.44
  78. Ada R
    Said

    gravatar

    Kebetulan saya memasukan anak saya dr kls 5 SD dan sekarang kls 6, hampir setiap jumat sore anak kami pulang, dan minggu malam sdh smp di sana. Tp ada saatnya khususnya kls 6 sdh tidak boleh sering2 pulang krn santri wajib menghapal juzamma. Khusus utk MI (SD) diperbolehkan pulang seminggu sekali agar orang tua pun berperan aktif mendidik anaknya.

    22 September 2017 18.50
  79. gravatar

    Mudah2 an bisa di akuisisi oleh ulama yg terang benderang....yg jelas...bisakah alzaytun di ambil Al Azhar?.... Wallahu alam...

    1 Oktober 2017 01.56
  80. Anonim
    Said

    gravatar

    asslm wr.wb. sebelumnya perkenalkan saya destiani marina alumni MAZ angkatan 3 tahun 2001, saya lulus tahun 2007. saya juga ingin menambahkan sedikit pengalaman saya tentang MA'HAD ALZAYTUN yang banyak diperbincangkan sebagai NII KW9. sejujurnya saya sedikit gerah mendengar alumni sekolah saya di isukan hal2 yang tdk baik. selama saya menuntut ilmu disana 6 tahun tidak ada sedikitpun ajaran2 yang melenceng atau nyeleneh. semua berjalan dengan baik. kami di ajarkan utk menghafal al qurang dengan baik. kalau masalah pungli yang banyak dibicarakan itu tidak ada sama s'x. kami para santri hanya diajarkan utk sering bersodaqoh. itupun tanpa paksaan. kegiatan ekstrakulikuler disnapun sangat banyak memberi kami bekal kehidupan. dan satu lagi, tidak ada yang namanya larangan utk bertemu keluarga di MAZ, sya setiap 2 minggu s'x dijenguk oleh keluarga saya yang di BDG. jadi tolong jangan menjudge lembaga pendidikannya. ingat tidak ada yang sempurna di dunia ini. kesempurnaan hanya milik allah. utk lebih pastinya lagi bagi yg msh ragu saya sarankan anda datang dan menyaksikan langsung bagaimana proses pembelajaran di al-zaytun.

    10 Oktober 2017 07.44
  81. Anonim
    Said

    gravatar

    Law dulu kami pki sitim koordinator... tapi sekarang udh lbh canggih bs sistem on line

    10 Oktober 2017 07.56
  82. Anonim
    Said

    gravatar

    Setuju dngn kartika. Kami diajarkan sopan santun dan tatakerama yg baik disana

    10 Oktober 2017 07.59
  83. Ahlussunah
    Said

    gravatar

    Cari ilmunya jgn bangunannya apa lagi pesantren ini pluralisme sangat membahayqkan

    20 Desember 2017 06.07

Posting Komentar

Terimakasih Atas Komentar dan Kunjungannya